25 Nopember adalah Hari Guru



Kamis, 10 Maret 2011

Contoh RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Matematika SMP


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) ke -1      SK-2


S e k o l a h            : SMP NEGERI 1 SATUI
Mata Pelajaran        : Matematika
Rencana Pelajaran 1.1Kelas / Semester     : IX / 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi    :   2. Memahami Sifat-sifat Tabung, Kerucut, dan Bola serta menentukan ukurannya.
Kompetensi Dasar       :   2.1 Mengidentifikasi unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola.
Indikator                      :   1.   Menyebutkan unsur-unsur tabung, kerucut.
                                        2.   Menghitung Luas Tabung
Alokasi Waktu              :   2 jam pelajaran (2 x 40 Menit)
A.     Tujuan Pembelajaran
      1.   Siswa dapat menyebutkan unsur-unsur tabung, kerucut.
      2.   Siswa dapat menyebutkan rumus luas selimut tabung
      3.   Siswa dapat meyebutkan rumus luas permukaan tabung
      4.   Siswa dapat menghitung luas selimut tabung
      5.   Siswa dapat menghitung luas sisi tabung
      6.   siswa dapat mencari unsur tabung yang belum diketahui jika luas selimut tabung diketahui.

B.     Materi Pokok
                   Unsur-unsur pada tabung dan kerucut.
                   Luas Tabung

C.       Metode Pembelajaran
Metode                 : Diskusi kelompok, Latihan, Drill, Tanya Jawab
Pendekatan         : Penemuan Terbimbing Sederhana.

D.     Langkah-langkah Kegiatan
I.       Pendahuluan
1.      Memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari tentang bangun ruang sisi lengkung.
2.      Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka akan dapat membantu siswa dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung.
II.      Kegiatan Inti
1.      Siswa diberikan model-model tabung, kerucut.
2.      Guru dan siswa mendiskusikan tentang unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola.
3.      Guru membimbing menyebutkan unsur-unsur , seperti jari-jari, diameter, tinggi, sisi, alas tabung, alas kerucut dan bola.
4.      Guru bersama siswa membahas jaring-jaring tabung dan luas selimut tabung.
5.      Siwa membahas contoh soal tentang menghitung luas selimut tabung dan luas tabung dengan bimbingan guru.
6.      Siswa mengerjakan tugas latihan mandiri yang ada di LKS.
III.     Penutup
1.      Dengan bimbingan guru, siswa diminta membuat rangkuman.
2.      Siswa dan guru melakukan refleksi.
E.     Media dan Sumber Pembelajaran
            Buku Paket, Buku Penunjang, Model tabung dan kerucut, Power point

F.      Penilaian
Contoh Instrumen
Sebuah tabung, diketahui panjang jari-jarinya adalah 7 cm dan tingginya adalah 25 cm. Untuk phi =22/7 hitunglah : 
a. Luas selimut tabung, 
b. luas permukaan tabung.
                                                                                                     
 Kunci Jawaban
 Penskoran

                                                                                                    
                                                                                                 Sungai Danau, ................................
             Memeriksa / Mengetahui                                                Guru Mata Pelajaran Matematika,
             Kepala Sekolah



             ..................................                                                  ..............................................


Tidak ada komentar: