1. Modul/Diktat Pembelajaran per semester.
Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedmikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut.
Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk memepermudah/memperkaya materi pelajran/ bidang studi yan disampaikan oleh guru dalam proses legiatan belajar mengajar.
Bila membuat modul/Diktat paling tidak menggunakan kerangka penulisan sebagai berikut:
Bila membuat modul/Diktat paling tidak menggunakan kerangka penulisan sebagai berikut:
Bagian Pendahuluan
- Halaman Judul
- Halaman Pengesahan
- Kata Pengantar
- Dafatar isi
- Penjelasan Tujuan Diktat pelajaran
Bagian Isi
- Judul BAB atau Topik Bahasan
- Penjelasan Tujuan BAB
- Uraian ISi Pelajaran
- Sajian Contoh
- Soal Latihan
Bagian Penunjang
- Daftar Pustaka
- Pernyataan Keaslian
- Surat Pernyataan Kepala Perpustakaan yang isinya menyatakan bahwa Diktat telah disimpan di Perpustakaan
Besaran Angka Kredit
- Digunakan di tingkat Sekolah Angka Kreditnya 0,5
- Digunakan di Tingkat Kabupaten Angka Kreditnya 1
- Digunakan di Tingkat Propinsi Angka Kreditnya 1,5
2. Alat Peraga sekurang-kurangnya memuat:
JENIS ALAT PELAJARAN
JENIS ALAT PERAGA
- Halaman Judul
- Halaman Pengesahan dari Kepala Sekolah
- Daftar isi
- Kata Pengantar
- Bahan yang digunakan disertai Foto
- Cara pembuatan disertai Foto
- HAsil pembuatan disertai Foto
- Saat digunakan di kelas disertai Foto
- Pernyataan keaslian
- Pernyataan bahwa dokumen pembuatan disimpan di Perpustakaan
- Kategori Kompleks angka kreditnya 2
- Kategori Sederhana angka kreditnya 1
- Alat bantu presentasi (contoh:papan tulis inovatif,proyektor sederhana, dan sejenisnya)
- Alat Bantu olah raga(contoh: alat bantu loncat tinggi, alat bantu senam, dan sejenisnya)
- Alat bantu prkatik (contoh: alat penepat pengeboran,alat penjepit, panel listrik,
- Alat lain yang membantu kelancaran proses pembelajaran/bimbingan atau pendidikan di sekola
- Poster/gambar untuk pelajaran
- Alat Permainan Pendidikan
- Benda Potongan
- Film/Vidio pembelajaran
- Gambar animasi Komputer
3. Buku Pedoman Guru.
Buku Pedoman Guru adalah buku tulisan guru yang berisi rencana kerja guru yang bersangkutan dalam setahun mendatang. Melalui rencana kerjanya tersebut, guru mempunyai pedoman dalam melaksanakan kerjanya. Buku pedoman guru juga dapat dipakai oleh Kepala Sekolah dan atau Pengawas Sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru yang bersangkutan
Angka kredit 1,5 per tahun.
Bila membuat buku pedoman guru, hendaknya menggunakan kerangka isi sebagai berikut.
Bagian Awal yang terdiri dari:
Bila membuat buku pedoman guru, hendaknya menggunakan kerangka isi sebagai berikut.
Bagian Awal yang terdiri dari:
- halaman judul yang menerangkan identitas guru dan tahun kerja dari rencana kerja guru tersebut
- lembar pengesahan persetujuan dari kepala sekolah
- Kata Pengantar
- Daftar Isi
Bagian Isi umumnya terdiri dari beberapa bab yakni:
- Pendahuluan yang menjelaskan tentang tujuan pembuatan Rencana Kerja Tahunan Guru tersebut, menjelaskan ringkasan target-target capaian yang diharapkan dicapai.
- Rincian rencana kerja yang disajikan dalam satuan waktu bulanan, selama setahun. Rencana kerja tersebut berupa rencana guru yang bersangkutan dalam meningkatkan kompetensinya sebagai guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial.
Bagian Penutup yang menjelaskan ringkasan rencana kegiatan dan rencana target yang ingin dicapai.
Bagian Penunjang lampiran-lampiran yang menunjang rencana kerja tahunan tersebut, misalnya RPP, skenario kegiatan dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar